Hotline :
(021) 231-6346
Menu

Sekolah ujian nasional online CBT

Penyediaan Laptop Server komputer PC UNBK 2018

Berita

Berita Informasi tentang Ujian Nasional Online 2017

Ujian Nasional Berbasis Komputer dan Indeks Integrasi Siswa

RELION –  Setelah berjalan selama beberapa tahun, pemerintah melalui MENDIKBUD semakin serius menyelenggarakan UNBK. Tidak hanya dengan mengeluarkan spesifikasi server UNBK dan spesifikasi komputer UNBK, MENDIKBUD juga melakukan berbagai evaluasi setiap tahunnya. Baik mengevaluasi soal ujian sampai pelaksanaannya. Evaluasi ini sengaja dilakukan untuk terus meningkatkan pelaksaannya UNBK setiap tahunnya.

Spesifikasi Server UNBK

UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer menawarkan banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh ujian dengan sistem atau metode konvensional. Ujian nasional yang dulu menggunakan kertas dirasa cukup menyulitkan para peserta ujian. Kesulitan ini mulai dari susahnya mengisi lembar jawaban karena harus menghitamkan lingkaran satu per satu sampai melihat gambar atau informasi lain sebagai pelengkap soal karena cetakan yang tidak sempurna atau terlalu buram untuk dilihat. Kesulitan ini terjawab dengan UNBK. karena menggunakan komputer, untuk mengisi jawaban, peserta ujian cukup mengklik pilihan jawaban mereka. Begitu juga dengan gambar atau informasi pelengkap lain yang dapat diperbesar sesuai dengan kebutuhan peserta.

Walau memiliki beberapa kekurangan, tetapi pemerintah tetap memilih untuk melaksanakan UNBK. Kekurangan yang dimiliki oleh UNBK  merupakan faktor luar yang dapat diperbaiki sejalan dengan waktu. Beberapa kekurangan, seperti belum semua sekolah memiliki fasilitas komputer di masa awal pemerintah mulai mengadopsi sistem ini atau ketidakmerataan jaringan internet juga kekurangan lainnya secara perlahan mulai teratasi. Hal ini terbukti dengan terus meningkatnya  jumlah sekolah yang ikut serta dalam pelaksanaan UNBK.

Tidak hanya itu, ketakutan kalau peserta ujian tidak terbiasa menggunakan komputer sehingga akan canggung atau bermasalah saat mengerjakan ujian ternyata tidak menjadi kenyataan. Tentu hal ini tidak lepas dari peran sekolah yang mengadakan try out atau uji coba sebelum ujian yang sebenarnya berlangsung. Try out atau uji coba membuat peserta ujian familiar dengan komputer sehingga saat mengerjakan ujian peserta lebih nyaman dan tidak melakukan kesalahan.

Pemerintahan terus meningkatkan pelaksanaan UNBK karena sistem ujian ini sudah terbukti meningkatkan indeks integritas peserta ujian. Dengan mengunakan komputer, peserta ujian akan mendapatkan soal yang berbeda walau hanya urutannya. Sistem UNBK juga memperpendek jalur distribusi soal sehingga  tidak terjadi lagi kebocoran soal atau kunci jawaba. Hal ini tentu menyulitkan para peserta ujian untuk melakukan kecurangan.

Leave a Reply