Hotline :
(021) 231-6346
Menu

Sekolah ujian nasional online CBT

Penyediaan Laptop Server komputer PC UNBK 2018

Berita

Berita Informasi tentang Ujian Nasional Online 2017

Tantangan Yang Harus Dihadapi Pemerintah Dalam Pengadaan UNBK

RELION –  Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang dikenal dengan UNBK secara sederhana merupakan sistem ujian yang mulai dicoba oleh pemerintah melalui MENDIKBUD sejak beberapa tahun lalu. Secara sederhana UNBK merupakan sistem ujian yang mengganti kertas sebagai media ujian dengan komputer dan teknologi lainnya. Ya, peserta UNBK mengerjakan ujian di komputer. Begitu juga dengan pendistribusian soal ujian. Distribusi soal ujian dilakukan melalui server. Selain lebih cepat dan menyingkat waktu, hal ini juga memotong jalur distribusi sehingga memperkecil  kemungkinan soal hilang atau sebagainya.

Walau pemerintah menginginkan sistem UNBK ini digunakan oleh seluruh sekolah di Indonesia, sebenarnya ada beberapa kekurangan yang akan menjadi penghambat pemerintah dalam mencapai target. Beberapa kekurangan yang harus menjadi perhatian pemerintah juga sekolah sebagai pihak penyelenggara UNBK adalah:

Tidak semua sekolah mampu menyediakan fasilitas komputer. Indonesia merupakan negara kepulauan yang menyebabkan lokasi sekolah tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari berada di  kota besar dan gampang dicapai hingga yang berada di pedalaman dengan posisi yang sulit untuk dicapai karena berbagai kendala. Hal ini tentu menyebabkan kondisi setiap sekolah berbeda. Termasuk dalam penyediaan fasilitas. Tidak semua sekolah sudah memiliki fasilitas komputer. Bukan karena tidak mampu melainkan karena terkendala lokasi serta kesulitan lainnya. Namun pemerintah bukan tidak menyadarinya. Pemerintah mengeluarkan spesifikasi komputer UNBK setelah menganalisa hal ini. Banyak yang mempertanyakan mengapa spesifikasi komputer UNBK cukup rendah, ini jawabannya. Pemerintah mengeluarkan spesifikasi komputer UNBK cukup rendah agar seluruh sekolah dapat memenuhinya. Lagipula, spesifikasi komputer UNBK yang dikeluarkan oleh pemerintah merupakan standar minimal dan tidak menghalangi pemerintah untuk menyediakan komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Jaringan internet di Indonesia yang belum stabil. Di pulau Jawa dan kota besar Indonesia, jaringan internet mungkin cukup stabil. Bahkan dapat dikatakan terbilang cukup cepat. Namun bagaimana dengan pulau dan kota-kota lainnya? Sayangnya, walau jaringan internet sudah tersebar ke seluruh Indonesia tetapi untuk kestabilan dan kecepatannya masih belum memadai. Hal ini merupakan masalah besar karena salah satu syarat untuk mengadakan UNBK adalah jaringan internet yang stabil. Jaringan internet yang tidak stabil akan menyebabkan ujian berjalan tidak lancar.

Pengadaan listrik. Di beberapa daerah, listrik masih menjadi masalah. Salah satu penyebabnya karena daya listrik yang dihasilkan tidak mencukup kebutuhan atau tuntutan dari konsumen. Hal ini tentu berimbas pada pengadaan UNBK. Ujian tidak mungkin dilakukan dengan kemungkinan terjadinya pemadaman listrik. Walau begini sebenarnya ini bukan masalah besar karena pihak sekolah dapat mendiskusikan hal ini dengan pihak penyedia listrik atau  jika sekolah mampu untuk menyediakan sumber daya listrik cadangan sehingga UNBK dapat berjalan lancar.

Leave a Reply