Hotline :
(021) 231-6346
Menu

Sekolah ujian nasional online CBT

Penyediaan Laptop Server komputer PC UNBK 2018

Berita

Berita Informasi tentang Ujian Nasional Online 2017

Mengenal UNBK dan Spesifikasi Server UNBK

RELION –  UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer sudah mulai digalakkan sejak tahun 2016 setelah pada tahun 2015 dilakukan UNBK rintisan. UNBK tidak jauh berbeda dengan UN atau ujian nasional yang dilakukan secara tertulis yang sudah lebih dulu dikenal di Indonesia. Hanya saja UNBK menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software khusus yang dikembangkan untuk kepentingan ujian nasional.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah yang ingin menyelenggarakan UNBK. Salah satunya harus memenuhi kriteria sarana dan prasana yang disyaratkan. Kriteria itu selain meliputi jumlah komputer yang harus disediakan oleh sekolah juga harus memiliki server yang memadai.

Untuk mempermudah sekolah memenuhi persyaratan ini, KEMENDIKBUD memberikan penjelasan detail untuk memudahkan sekolah menyediakan sarana dan prasana yang sesuai. Berikut informasi spesifikasi server UNBK yang disyaratkan oleh KEMENDIKBUD:

  • PC/Tower/Desktop (bukan laptop)
  • Processor XEON atau i5
  • Memory RAM 8GB
  • Harddisk 250GB
  • Operating system: Windows Server/Windows 8/Windows 7 (64 bit)
  • Virtual box 4.3.16
  • Port 80 di server dapat diakses oleh komputer peserta (client)
  • Web browser: Chrome/Mozilla Firefox/XAMBRO (aplikasi browser puspendik)
  • UPS min 500VA

Sekolah tidak hanya  harus  menyediakan server sesuai dengan yang disyaratkan oleh KEMENDIKBUD melainkan juga harus memastikan jumlah minimal dari server terpenuhi. Jumlah server minimum yang disyaratkan adalah mengikuti rasio 1:40 atau dengakan kata lain 1 server untuk 40 client. Jangan lupa sekolah  juga harus  menyediakan server cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan serta memastikan kegiatan UNBK berlangsung lancar dan tanpa gangguan.

Selain komputer dan server, sekolah juga harus memenuhi syarat jaringan internet dengan menyediakan koneksi dengan bandwith minimal 1Mbps dengan Local Area Network (LAN). Sekolah juga harus menyediakan petugas komputer dan teknisi setidaknya masing-masing satu orang selama kegiatan UNBK berlangsung.

Leave a Reply