Hotline :
(021) 231-6346
Menu

Sekolah ujian nasional online CBT

Penyediaan Laptop Server komputer PC UNBK 2018

Berita

Berita Informasi tentang Ujian Nasional Online 2017

Kebutuhan Server UNBK yang Perlu Anda Ketahui Agar Tidak Kembali Terjadi Kendala Teknis

RELION – Tahun ajaran 2017/2018 merupakan tahun keempat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Secara teknis syarat UNBK harus memenuhi kebutuhan mulai dari sarana prasarana hingga tim pelaksana di satuan terkecil yakni sekolah. Sedangkan kebutuhan prasarana adalah ruang ujian yang memadai, jumlah komputer, spesifikasi server UNBK, server cadangan, line internet, serta jaminan tidak adanya gangguan sumberdaya selama proses pelaksanaan UNBK. Namun, perangkat komputer dan server menjadi tantangan sekaligus kendala yang kerap kali terjadi dalam pelaksanaan.

Untuk proses pelaksanaan UNBK sendiri, setiap sekolah diwajibkan mengikuti pelatihan proktor dan teknisi untuk menghindari gangguan selama proses ujian. Meskipun demikian, gangguan tetap terjadi di beberapa sekolah, terutama di daerah pelosok. Dalam rangka menghindari kesalahan yang akan terjadi pada ujian yang akan datang, Anda dapat memenuhi kebutuhan dan syarat UNBK sejak dini. Adapun beberapa hal yang perlu disiapkan, diantaranya:

Spesifikasi server UNBK dan server cadangan. Dalam ujian UNBK syarat ini merupakan yang utama memiliki spesifikasi server UNBK berupa PC/server minimal Intel Xeon atau Processor I5 dengan kebutuhan RAM 8GB dan hardisk 500GB. Biasanya, server utama dapat digunakan maksimal 40 peserta ujian. Sedangkan server cadangan berspesifikasi sama dengan server utama dan minimal terdapat satu cadangan di setiap sekolah.

Komputer ujian. Pihak sekolah tidak harus menyediakan komputer sebanyak jumlah siswa. Komputer ujian minimal berjumlah 1:3 dari jumlah siswa peserta ujian dengan prosesor core i3. Namun, pihak sekolah juga perlu menyediakan komputer cadangan untuk siswa supaya jika mengalami masalah pada komputer ujian para siswa dapat langsung berpindah ke komputer cadangan. Jumlah kompuer cadangan minimal terdapat 10% dari jumlah komputer ujian.

Jaringan internet. Jaringan internet merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh pihak penyelenggaran UNBK. Sebab selama ujian berlangsung, internet menjadi kendala yang sering kali terjadi. Adapun kecepatan internet yang dibutuhkan minimal 1 Mbps, tapi jika peserta ujian banyak Anda bisa menaikkan menjadi 2 Mbps atau menyiapkan 2 line dari dua provider.

Jaringan lokal. Dalam jaringan internet  mempunyai kebutuhan jaringan lokal yang menjadi unsur utama, yaitu perangkat jaringan (hub, switch, modem) dan kabel. Untuk penghubung server dan komputer, Anda dapat menggunakan perangkat switch.

Perangkat lainnya. Beberapa perangkat cadangan yang bisa disiapkan antara lain kartu jaringan, kabel UTP, UPS, headset, keyboard mouse, serta tool set. Semua perangkat ini memerlukan perangkat cadangan yang bisa digunakan teknisi jika ada gangguan sewaktu pelaksanaan ujian. Untuk maintenance yang bersifat software, teknisi dapat mengerjakan di ruang ujian. Tetapi jika maintenance memerlukan waktu lama (harus membongkar hardware) ada baiknya dilaksanakan selepas sesi ujian atau dibawa keluar

Leave a Reply